7 Hal yang Harus Dilakukan untuk Membuat Entrepreneurship Paruh Waktu Sesuai untuk Anda


Banyak pakar akan mengatakan pada Anda bahwa Anda tidak dapat sukses sebagai entrepreneur paruh waktu, karena usaha baru memerlukan 100% komitmen untuk waktu dan energi Anda. Tapi tidak banyak dari kita memiliki cukup tabungan untuk hidup setahun atau lebih tanpa gaji, mendanai usaha baru dan tetap memberi makan keluarga.

Yang sering saya rekomendasikan ialah para entrepreneur tetap mempertahankan pekerjaan tetap mereka hingga bisnis baru mereka dapat menghasilkan keuntungan yang stabil untuk menjamin kelangsungan hidup normal mereka.

Tentu saja, jika Anda memiliki investor yang memberi Anda uang, atau paman kaya yang membuat Anda tetap bertahan, tidak ada yang salah untuk berkomitmen penuh mengelola bisnis baru, dengan proyeksi pertumbuhan yang agresif. Kita semua memahami risiko dari para kompetitor dan berbagai faktor perubahan pasar sebelum kita semua menemukan solusinya.

Bagi anda yang memutuskan mempertahankan pekerjaan harian Anda, ada beberapa rekomendasi pragmatis yang saya paparkan untuk menghasilkan kemajuan besar dalam bisnis baru Anda. Faktanya, berbagai saran ini memiliki nilai hebat, bahkan jika anda mendedikasikan waktu Anda sepenuhnya untuk bisnis baru Anda.

1. Temukan co-founder yang dapat mempertahankan keseimbangan Anda

Dua co-founder, yang keduanya bekerja paruh waktu, jelas lebih baik dibandingkan satu pendiri penuh-waktu. Anda berdua perlu melengkapi skill, kemampuan untuk mencari alternatif dan tetap mempertahankan motivasi, itu tidak dapat dilakukan jika bekerja sendiri. Satu hal yang pasti dibutuhkan ialah kesepakatan dalam pembuatan keputusan akhir. Anda perlu berdiskusi saat menghadapi masalah hingga mendapat solusi yang lebih baik.

2. Jadwal waktu dan hari yang pasti untuk bisnis baru, bekerja dengan tim.

Membangun bisnis baru itu kerja keras dan memerlukan disiplin untuk melakukannya. Bekerja paruh waktu tidak berarti bekerja secara acak sendirian. Komitmen untuk waktu akhir pekan rutin dan waktu malam khusus per pekan, dimana Anda dapat bertemu tim dan fokus hanya pada bisnis itu.

3. Merasa nyaman mengatakan “tidak” pada teman-teman Anda

Belajar untuk mengelola waktu Anda sendiri sangat penting. Setiap orang di sekeliling Anda senang menambah sesuatu pada jadwal Anda dan mengurangi daftar yang harus mereka lakukan. Kuncinya ialah mengatakan tidak tanpa menawarkan daftar panjang alasan, atau berkilah tentang betapa sibuk Anda. Ini tidak mungkin pernah memuaskan semua orang, jadi jujurlah terlebih dulu pada prioritas Anda sendiri.

4. Tetapkan target yang realistis dan anggap serius

Mudah bagi para pekerja paruh waktu untuk berdalih ada prioritas lain yang membuat Anda melewatkan target. Gunakan aturan 80/20 untuk memaksimalkan produktivitas, dapatkan hasil 80% dari 20% tindakan yang fokus.

5. Pilih ide bisnis yang memiliki landasan pacu lebih lama

Beberapa ide bisnis baru tergantung pada tren yang muncul cepat, atau memiliki banyak pesaing untuk pasar yang terbatas. Anda tidak dapat bergerak cukup cepat pada basis paruh waktu untuk menang di wilayah ini. Di sisi lain, jika Anda memiliki teknologi, dengan hak paten, Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk mendapatkan hak patennya.

6. Persiapkan diri Anda untuk perjalanan lebih lama menuju sukses

Seth Godin sangat terkenal dengan kalimatnya bahwa rata-rata waktu untuk sukses semalam dalam bisnis baru ialah enam tahun, meskipun harus bekerja penuh waktu. Seperti semua solusi bisnis baru mana pun, versi pertama biasanya selalu salah dan memerlukan satu atau lebih banyak proses. Belajarlah melihat berbagai indikasi kecil kesuksesan untuk mempertahankan motivasi Anda.

7. Pelajari panggilan penuh waktu (full time) Anda

Tidak peduli berapa banyak komitmen penuh waktu, paruh waktu, dan keluarga yang Anda miliki, Anda selalu perlu meluangkan waktu mempelajari hal-hal baru. Belajar itu mempersiapkan Anda untuk masa depan Anda. Jangan menunggu orang lain membayar jalan Anda untuk mendapat pelatihan atau training. Itu tidak akan terjadi.

Keuntungan keluar dari pekerjaan Anda secepatnya ialah menutup semua alasan Anda dan orang lain bahwa bisnis baru itu hanya hobi. Tidak ada yang mendorong seorang entrepreneur selain rasa lapar, tergantung pada hasil dan melihat utang yang menumpuk. Tanpa disiplin diri, banyak entrepreneur menemukan bahwa fokus tunggal adalah satu-satunya cara untuk membuat semuanya berjalan baik.

Ada sejumlah risiko tambahan dengan bekerja sebagai pegawai sepanjang hari dan bekerja untuk bisnis baru pada malam hari dan akhir pekan. Pertama ialah risiko bagi kesehatan Anda dan kehidupan keluarga Anda. Jika Anda kehilangan ini, semua peluang bisnis di dunia tidak berarti.

Lalu ada risiko bahwa pegawai Anda sekarang melewati deadline, berkurang produktivitasnya, atau bahkan terlibat konflik hukum atau hak kepemilikan kekayaan intelektual. Lebih bagus untuk bilang pada atasan Anda bahwa komitmen Anda pada bisnis baru Anda tidak akan berdampak pada komitmen Anda pada perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

Potensi konflik kepentingan dengan majikan Anda sekarang harus dipertimbangkan secara terbuka, dengan dokumen kesepakatan, untuk menutup kemungkinan bahwa Anda mungkin kehilangan segalanya saat bisnis baru Anda sukses. Di sisi positif, majikan Anda mungkin suka dengan ide Anda dan menjadi investor pertama Anda serta pendukung terbesar Anda.

Jika Anda menyimpulkan bahwa semua risiko yang ada terlalu banyak bagi Anda, Anda mungkin perlu mempertahankan pekerjaan Anda saat ini untuk jangka panjang dan memberikan ide bisnis baru Anda pada orang lain. Yang pasti, tidak ada yang salah dengan karir dan pekerjaan dengan gaji yang bagus, dengan tunjangan kesehatan serta rencana pensiun yang kompetitif. Tapi gaya hidup entrepreneur masih tetap menyenangkan, meski paruh waktu.   

Baca berbagai artikel menarik lainnya di eBook “Jadi Miliarder dalam 1000 Hari”. Silahkan hubungi WhatsApp: 081288851177. Ebook dengan harga hanya Rp39.000 ini kami kirim langsung ke email sobat. Dapatkan gratis ebook itu dengan pembelian produk di website ini senilai Rp100.000.