4 Pertanyaan Sebelum Memulai Bisnis


Para entrepreneur merupakan orang yang bersemangat. Itulah yang membuat kita sangat hebat! Kita bangun awal. Hari Senin membuat kita senang.

Saya telah berinteraksi dengan ribuan entrepreneur melalui bisnis saya. Antusiasme mereka menyemangati saya bekerja keras setiap hari. Tapi bekerja keras tidak cukup. Banyak orang yang datang pada saya setelah masuk ke dunia entrepreneur terlalu dini. Bukannya menciptakan keputusan yang cerdas dan diperhitungkan, mereka justru merugi dan putus asa.

Anda tidak boleh membiarkan hal itu terjadi pada Anda. Sebelum memulai ide investasi, Anda harus berpikir kritis tentang sejumlah pertanyaan ini. Anda akan menghindari banyak penghalang di sepanjang perjalanan jika anda melakukannya. Karena itu, camkan baik-baik berbagai pertanyaan ini, semoga dapat membantu Anda.

1. Ke mana industri ini menuju?

Beberapa ide maju ke masa depan dan beberapa mundur ke masa lalu atau ketinggalan jaman. Satu-satunya cara memastikan ide Anda sesuai masanya ialah mempelajari pangsa pasar. Catat bahwa sebagian besar ide sukses itu bukan menemukan kembali roda. Mereka membuat perbaikan kecil pada produk yang telah ada. Ide-ide yang terlalu progresif seringkali memerlukan edukasi konsumen yang membutuhkan biaya tinggi dan berisiko.

Setiap ide muncul dalam satu kategori dan industri. Jika ide Anda sangat radikal sehingga tidak ada produk di pasar sebelumnya, itu seperti mengibarkan bendera merah yang besar. Apa produk populer dalam kategori itu? Apakah industri telah berubah? Jika ya, bagaimana perubahannya?

Jika industri stagnan, maka ada kemungkinan untuk inovasi. Bagaimana ide Anda berbeda dari yang sudah ada di pasaran? Untuk menjadi sukses, ide Anda harus memiliki poin pembeda.

2. Apakah ide ini lebih baik untuk dijadikan lisensi atau perusahaan?

Sejumlah teman baru-baru ini datang pada saya dan berkata, “Anda tepat. Kita harus memiliki lisensi ide ini.” Mereka memilih untuk memulai bisnis, dan sekarang mereka menghadapi realitas tersalip oleh pesaing. Meskipun mereka yang pertama di pasar, produk mereka terlalu mahal. Seseorang dapat membuatnya dengan harga lebih murah.

Pertanyaan apakah perlu lisensi atau perusahaan, merupakan pertanyaan serius. Ada orang yang lama untuk memulai dan mengelola bisnisnya sendiri. Tapi beberapa ide memang lebih baik dijadikan lisensi.

3. Apa bukti konsep saya realistis?

Apakah ide untuk produk dapat diproduksi dengan harga yang masuk akal? Jika ini ide untuk jasa, dapatkah Anda menurunkan biaya hingga cukup rendah agar kompetitif? Anda harus mengambil waktu untuk menjawab pertanyaan ini.

Tidak peduli sehebat apa ide Anda, jika biayanya terlalu mahal untuk memproduksinya, produk atau jasa ini tidak akan pernah melihat cahaya siang. Saya tahu ini berdasarkan fakta, karena saya hidup di dalamnya. Sejumlah inovasi milik saya, terlalu mahal untuk diproduksi saat saya memiliki ide itu. Beberapa tahun kemudian, saat teknologi semakin maju, saya melihat cahaya siang (peluang) lagi.

4. Di mana bukti permintaan produk saya?

Jadi Anda pikir di sana ada pasar yang besar untuk ide anda. Itu hebat, tapi tidak cukup. Hanya ada satu jalan untuk memastikan bahwa konsumen Anda ingin membayar ide Anda dan itu dengan menguji di pasar. Syukurlah, ada banyak cara melakukannya.

Pertama, tunjukkan ide Anda pada pembeli retail. Apakah mereka tertarik? Anda juga bisa menunjukkan ide Anda pada pakar industri. Apa yang mereka pikirkan? Crowdfunding membuat tes untuk bukti permintaan lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Jadi pertimbangkan meluncurkan kampanye Kickstarter atau jenis crowdfunding lainnya.

Jika anda ingin dan bisa, Anda juga dapat menciptakan suplai terbatas atas produk itu dan mencoba menjualnya. Ini investasi yang cerdas dalam jangka panjang, meskipun ini akan membebankan biaya pada Anda di depan.

Jangan biarkan semangat Anda menutupi penilaian Anda. Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Baca berbagai artikel menarik lainnya di eBook “Jadi Miliarder dalam 1000 Hari”. Silahkan hubungi HP: 081288851177. Ebook dengan harga hanya Rp39.000 ini kami kirim langsung ke email sobat. Dapatkan gratis ebook itu dengan pembelian produk di website ini senilai Rp100.000.